Resep Terang Bulan Enak

terang bulan enak

Pernah mengalami lagi pengen makan terang bulan tapi masih siang? Penjual terang bulannya belum jualan. Mau tunggu sampai malam, tapi kelamaan. Eh pas sudah malam, malah sudah tidak mau makan lagi. Karena sudah terlanjur kenyang, karena sudah makan yang lain.

Pada kondisi itu, biasanya saya bikin sendiri. Sudah coba berbagai resep terang bulan, karena resep yang beredar di internet lumayan banyak. Pada akhirnya paling pas dengan resep ini. Mirip dengan rasa terang bulan gerobak kuning yang cukup terkenal di Makassar.

Selain itu teksturnya kenyal, tapi juga tidak terlalu lembut dan juga mengembang cukup baik. Rasanya pun gurih dan sangat pas diberikan toping apa saja. Serta yang paling penting,  resep ini bisa dibuat dengan menggunakan teflon di rumah yang ukurannya 20 – 22 cm. Jadi gak ada alasan lagi, untuk tidak bisa membuatnya.

Baca Juga : Buat Mochi Isi Kenari

Resep Terang Bulan Enak

Bahan:

– 350gr tepung terigu

– 500ml santan cair

– 5sdm gula pasir

– 1sdt garam

– 1sdt baking powder

– 2 kuning telur

– 1/2sdt tambahan setiap adonan yang akan dipanggang

– gula secukupnya untuk taburan

– margarine/butter untuk olesan

– isian sesuai selera (coklat, keju, kacang, dan lainnya)

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.

2. Campurkan gula dan kuning telur. Aduk hingga gula larut. Masukkan santan, lalu diaduk rata. Terakhir campurkan tepung terigu dan aduk hingga licin.

2. Tutup dengan plastik wrap dan biarkan adonan selama 1-2 jam.

3. Panaskan teflon kurang lebih 5 menit.

4. Bagi dua adonan. Campurkan 1/2sdt baking soda. Aduk rata.

5. Kecilkan api. Masukkan adonan yang telah tercampur baking soda ke dalam teflon. Tutup. Biarkan adonan hingga berlubang dan setengah matang. Taburkan gula lalu tutup kembali hingga matang sempurna.

6. Selagi panas, oleskan margarine. Tambahkan toping sesuai selera.

7. Potong-potong dan sajikan.

Baca Juga : Resep Pisang Peppe yang Enak

terang bulan

Terang Bulan Anti Gagal

Awal-awal membuat Terang Bulan, saya selalu gagal. Akhirnya ganti resep dan tetap beberapa kali gagal juga. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Saya merangkumnya dalam beberapa poin berikutnya.

1. Pastikan adonan ter campur dengan baik dan rata. Jangan sampai ada tepung yang menggumpal. Jika tidak kuat mengaduk dengan tangan, bisa menggunakan Hans Mixed. Aduk selama kurang lebih 10 menit.

2. Sharing adonan jika perlu

3. Biarkan adonan selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Jangan sampai kurang dari 1 jam agar baking powdernya bekerja.

4. Pastikan Teflon yang dipakai memanggang dalam keadaan panas. Panaskan selama kurang lebih 5 menit.

5. Saat memanggang, Pastikan api paling kecil. Karena karena kalau apinya besar, bagian bawah adonan akan hosing dan bagian atasnya lama matang.

Selamat menikmati terang bulan di siang hari.

Baca Juga : Churros, Sus Goreng untuk Cemilan Santai

Video pembuatannya bisa dilihat di youtube channel saya berikut:

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/SB6ap_Uyg_w” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>