Deppa Tori

Deppa Tori Judul square winslicious

Deppa Tori dan kenangan

Saat duduk dibangku SMA, sebagian besar teman saya adalah perantau dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Kala itu, teman saya yang berasal dari Enrekang, Palopo serta Toraja selalu membawa penganan ini setiap mereka kembali ke asrama, namanya Deppa/Beppa Tori.

Kue ini punya banyak nama, di Toraja disebut Deppa Tori, di Enrekang disebut Deppa Tektekang sedangkan di daerah Bugis disebut Cicuru’. Pada dasarnya, kue ini sama hanya pengembangan resep di setiap daerah membuatnya punya standar “enak” masing-masing.

Deppa Tori Wm (3)

Cemilan Khas Toraja dan Enrekang

Ukurannya sebesar jari tangan, dan berbentuk jajaran genjang, beberapa diantaranya bahkan bentuknya tidak beraturan. Dengan bentuk tersebut serta warnanya yang coklat tua, sungguh saat melihatnya pertama kali penampakan kue ini sangatlah tidak menarik, hanya taburan wijen yang membuatnya sedikit tertolong. Tetapi jangan salah, meskipun kue ini tidak fotogenik, dijamin pasti akan membuatmu ketagihan ketika pertama kali mengigitnya.

Rasanya manis, dengan tekstur yang garing diluar dan lembut di dalam, tepung beras menambah teksturnya menjadi lebih kasar tetapi itulah kunci kenikmatannya, ditambah dengan wijen yang menambah kegurihannya. Kesatuan rasa dan tekstur tersebut yang membuat saya menjadi salah satu fans fanatik kue ini hingga sekarang.

Kemarin, saat berlibur ke Toraja, kue ini salah satu buruan saya. Kita bisa menemuinya di banyak tempat. Di sekitar pertokoan hingga di pasar tradisional semua menjualnya. Ada yang menjual sudah dengan kemasan dengan harga 10 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah. Ada pula yang menjualnya dalam jumlah kiloan seharga 30 ribu rupiah/kilogram. Di Toraja kue ini menjadi salah satu sajian pada pesta adat. Itulah mengapa dapat kita temukan dimana saja dan dijadikan salah satu buah tangan saat berkunjung kesana.

Deppa Tori Wm (4)

Dari berbagai sumber saya mendapatkan resep Deppa Tori ini dan ini salah satu resep yang recomended untuk dicoba.

Resep Deppa Tori

Bahan

  • 1kg beras merah
  • 1kg gula merah
  • 1/2 liter air
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt vanilie

Cara membuat:

  1. Rendam beras merah selama 10 menit. Tiriskan lalu keringkan. Setelah kering, giling hingga menjadi tepung beras. Sisihkan.
  2. Masak gula merah dan air sambil diaduk terus hingga mengental.
  3. Tapis tepung beras merah ke dalam adonan gula merah sambil diaduk hingga rata. Masukkan vanilie dan baking powder, aduk hingga rata.
  4. Bentuk adonan seukuran jari lalu potong-potong miring menyerupai jajaran genjang.
  5. Goreng hingga kulit luarnya garing.

Sajikan Deppa Tori bersama seduhan kopi Toraja.

Deppa Tori Wm (1)