Resep Sop Konro Khas Makassar yang Enak

Konro

Idul Adha masih terhitung beberapa hari yang lalu. Saya sendiri masih punya stok tulang iga yang belum diolah. Setelah mencari berbagai referensi akhirnya memutuskan untuk membuat Sop Konro. Resep Sop Konro khas Makassar yang gurih dan segar.

Dapat Bagian Tulang Iga

Setiap tahun saat berkurban, kami selalu dapat bagian tulang iga. Tetapi karena tahun-tahun sebelumnya dapurnya masih tidak memungkinkan jadi tulang iganya dibagikan ke orang lain. Alhamdulillah tahun ini, dapurnya sudah representatif untuk memasak. Setidaknya aktivitas masak-masak jadi lebih mudah. Dan tentu makin menyenangkan.

Selain karena kondisi dapur yang tidak memungkinkan, juga malas memotongnya. Ukurannya lumayan besar dan harus dipotong. Akhirnya dengan niat kuat, kemarin saya memotongnya sendiri. Membuat ukurannya lebih kecil sehingga lebih mudah dimasak. Dan tentu saja mudah penyajiannya.

Sejarah Konro

Jika dilihat dari penampilan dan citarasanya, konro merupakan adaptasi kuliner Arab atau Timur Tengah. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan bumbu rempah yang cukup banyak. Seperti ketumbar, jintan, kayu manis, cengkeh dan pala. Aneka rempah ini yang membuat aroma konro begitu menggoda. Jadi meskipun penampakannya cenderung gelap dan tidak menarik, tetapi aromanya mampu membuat kita membatalkan diet.

Dari beberapa sumber disebutkan bahwa kuliner ini mulai dikenal pada tahun 1960-an. Bapak Hanafing, seorang yang berprofesi sebagai guru yang mempopulerkannya. Pada tahun 1962, lelaki itu kemudian memulai usaha sup konro dibawah sebuah tenda biru di area lapangan Karebosi, Makassar.

Bersama berjalannya waktu racikan serta kelezatan sup konro milik Hanafing semakin terkenal. Usahanya pun mengalami kemajuan. Maka pada saat itu, ia mengubah warungnya menjadi rumah makan. Bahkan saat ini cabangnya sudah ada di Jakarta dan Surabaya.

Berawal dari kesuksesan Bapak Hanafing tersebut, kini banyak warga Sulawesi Selatan yang turut meraup rezeki dengan membuka warung dengan menu Sop Konro.

Bumbu Sop Konro


Berbagai resep konro banyak beredar di dunia maya. Ada yang menggunakan kayu manis, ada yang tidak. Ada yang menggunakan daun jeruk ada juga yang tidak. Saya sendiri tetap menggunakan kayu manis sebagai penambah aroma. Tetapi tidak menggunakan daun jeruk karena ciri khas resep bugis jarang yang menggunakan daun jeruk. Selain itu, akan membuat rasanya seperti rawon.

Pada beberapa sumber juga disebutkan ciri khas Konro adalah penambahan kacang merah. Tetapi karena lupa membeli kacang merah, saya tidak menambahkan pada resep kali ini. Semoga berikutnya bisa buat lagi dengan tambahan kacang merah.

Rahasia kelezatan Sop Konro terletak pada rempah yang digunakan. Dan beberapa rempah tersebut akan lebih wangi jika disangrai terlebih dahulu. Aroma rempah asli dengan yang telah dijual dalam bentuk botolan tentu berbeda. Jika ingin menikmati aroma yang lebih lezat, gunakan yang belum diolah.

Dan ini resep Sop Konro versi saya yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Rasanya? Alhamdulillah, suami nambah nasi terus. Mau coba sendiri di rumah? Silahkan.

Baca juga: Resep Coto Makassar

pallu konro makassar 1

Resep Sop Konro Khas Makassar

Bahan:

– 1 tulang Iga berdaging
– 2 cm lengkuas, keprek
– 2 batang serei, keprek
– 3 butir cengkeh
– 3 cm kayu manis
– 2 liter air
– 1 sdm air asam
– 1 sdm gula merah
– garam secukupnya
– lada secukupnya
– minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:

– 8 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 3 kemiri, sangrai
– 1/2 buah pala
– 1 ruas jari jahe
– 2 ruas lengkuas
– 2 batang serei, ambil putihnya saja
– 2 kluwak, lembutkan dengan air hangat
– 1 sdm ketumbar, sangrai
– 1 ruas kunyit, sangrai
– 1/4 sdt jintan, sangrai

Pelengkap:

– daun bawang
– bawang goreng
– jeruk nipis
– lombok tumis

Cara Membuat:

1. Bersihkan iga di air mengalir. Potong2 beberapa bagian jika perlu.
2. Rebus tulang hingga air mendidih dan buih lemak dan kotoran muncul di permukaan. Buang airnya.
3. Rebus kembali iga dengan air baru hingga daging agak empuk.
4. Tumis bumbu halus bersama daun salam, serei dan lengkuas hingga wangi.
5. Masukkan bumbu ke dalam kuah. Tambahkan garam, gula dan lada secukupnya. Tambahkan air asam. Masak dengan api sedang hingga daging betul-betul empuk.
6. Sajikan hangat dengan bahan pelengkap.

Warna kuah konro cenderung gelap karena menggunakan kluwak

Warna kuah konro cenderung gelap karena menggunakan kluwak

konro makassar
.