Ayam Goreng Nasu Likku Khas Bugis

nasu likku 1 cover

Ayam Goreng Lengkuas atau disini kami menyebutnya Nasa Likku bukan sekedar masakan tradisional. Dalam setiap rasanya tidak hanya mengandung kelezatan. Tetapi juga tentang romantisme kebersamaan keluarga. Kehangatan dan cinta kasih. Bagi saya, lebih dari itu. Ayam Goreng Nasu Likku ini mengingatkanku pada almarhum Etta.

Nasu Likku

Dalam bahasa bugis Nasu berarti masak. Dan Likku berarti lengkuas. Jadi Nasu Likku adalah olahan makanan yang didominasi oleh lengkuas. Lengkuas memang salah satu bumbu yang banyak digunakan di masakan Indonesia. Bersama dengan bumbu lain yang bentuknya mirip. Seperti jahe, kunyit dan kencur.

Nasu Likku sendiri biasanya dibuat saat hari raya. Baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha. Terkadang masakan ini hadir pula di acara Aqiqah atau pesta lainnya. Cita rasanya yang lezat serta aromanya yang menggoda menjadikannya primadona.

nasu likku 2 wm

Masakan Favorit Etta

Diantara banyak masakan tradisional bugis, ini adalah salah satu makanan favorit almarhum Etta. Cita rasanya bukan hanya mengingatkan pada momen hari raya tetapi juga romantisme tentang sosoknya yang sangat bersahaja. Kerinduan padanya membuatku termotivasi membuat olahan ayam goreng ini.

Meskipun kutahu, membuatnya butuh niat karena kerempongannya cukup tinggi. Mulai dari pengolahan bumbu halusnya, proses masak hingga proses goreng ayam dan bumbu lengkuasnya. Tetapi saya menikmati setiap prosesnya. Dan yah, saya berhasil memasaknya. Dan setiap gigitan membuatku melepaskan rindu padanya di alam sana. Miss you, Etta 😘

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Bahan

– 1 ekor ayam
– 2 tongkol lengkuas muda, parut
– 500ml santan dari 1 butir kelapa
– 10 cm jahe, memarkan
– 2 batang serai
– 3 lembar daun salam
– 5 daun jeruk
– 1 sdm air asam jawa

Bumbu Halus

– 8 butir bawang merah
– 5 siung bawang putih
– 10 cm kunyit
– 7 butir kemiri, sangrai
– 1 sdm ketumbar, sangrai
– 2sdt garam
– 1 sdt gula merah
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

1. Cuci ayam hingga bersih, tiriskan.
2. Masak santan bersama bumbu halus, dan bahan lainnya hingga mendidih. Masukkan ayam masak hingga matang dan santan menyusut. Angkat, pisahkan ayam dan bumbu.
3. Goreng ayam hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan
4. Goreng bumbu hingga kering sambil diaduk. Angkat tiriskan.
5. Sajikan ayam goreng dan bumbu lengkuas.

nasu likku 4

nasu likku 3 wm