Resep Pisang Peppe Makassar yang Enak

Tahap Pembuatan Pisang Peppe

Untuk olahan pisang, bagi saya Makassar memang juaranya. Disini, pisang bisa diolah menjadi aneka penganan yang enak. Mulai dari barongko, pisang ijo, pallu butung, pisang epe dan banyak kuliner pisang lainnya. Salah satu olahan pisang yang cukup terkenal di Makassar adalah pisang peppe. Penampakannya seperti pisang epe. Bedanya kalau pisang epe dibakar dan disajikan dengan saus gula. Pisang peppe ini digoreng garing dan dimakan dengan sambal tumis. Dan ini olahan pisang peppe yang enak a la winslicious.

Ole-ole dari Sengkang

Setiap mudik ke Sengkang, kami selalu membawa pulang pisang. Pisang yang diberikan adalah jenis pisang yang sangat lezat untuk digoreng. Di bugis, pisang ini disebut “Utti Manurung”. Atau biasa juga disebut pisang kepok. Jenis pisang yang buahnya mirip pisang raja. Hanya saja jenis pisang ini buahnya lebih padat dan tidak ada bijinya. Kalau di Makassar, jenis pisang ini cukup mahal dibanding jenis pisang lainnya. Oleh karena itu, kami sangat senang jika diberikan pisang ini.

Setiap dapat pisang ini, suami saya selalu rikues untuk dibuatkan pisang peppe. Kesukaannya. Pisang peppe ini harus diolah saat pisang masih sangat mentah, karena disitu letak kenikmatannya. Jadi, setiba di rumah saya harus mengolahnya cepat sebelum pisangnya matang.

Selain itu, letak kenikmatan pisang peppe juga terletak pada bumbunya. Sebelum digoreng, pisang harus direndam dengan air garam dulu untuk menghilangkan getahnya. Juga ditambahkan potongan bawang putih untuk menambah rasanya. Saya juga suka menambahkan sereh selain menambah rasa juga aromanya.

Pisang Peppe Enak

Resep Pisang Peppe

Ini adalah resep pisang peppe yang sering saya gunakan dan jadi favorit suami

Bahan:

  • 10 Buah Pisang (Jenis Utti Manurung/Pisang Kepok)
  • 1 liter air
  • 1 sdm garam kasar
  • 3 siung bawang putih, keprek
  • 1 sereh, memarkan
  • Minyak secukupya untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Pastikan pisang yang digunakan masih sangat mentah. Semakin mentah, hasilnya semakin garing dan lezat. Kupas kulit pisang, sisihkan.
  2. Campur air, garam, bawang putih dan sereh. Rendam pisang di dalam campuran air. Pastikan semua pisang terendam agar bumbunya terserap dan getahnya keluar. Biarkan hingga setengah jam hingga 1 jam. Tiriskan pisang.
  3. Panaskan minyak. Goreng pisang yang telah direndam hingga setengah masak. Angkat.
  4. Tumbuk pisang pelan-pelan di atas cobekan. Tumbuk merata hingga seluruh permukaan pisang pipih.
  5. Goreng kembali pisang peppe hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama sambal goreng terasi.

tahap pembuatan pisang peppe