Resep Kue Biji Nangka khas Bugis-Makassar

img_6133

Biji Nangka adalah salah satu kue yang selalu disajikan pada pesta adat orang Bugis-Makassar. Dia selalu menjadi salah satu kue yang disajikan dalam bosara. Kue dengan rasa manis dan gurih ini memang punya banyak penggemar. Termasuk saya.


Kalau disuruh pilih kue tradisional Makassar yang paling saya suka, jujur sulit saya jawab. Karena suka semua. Tapi jika dipaksa cuma bisa pilih satu saja, salah satu pilihan saya akan jatuh pada kue biji nangka ini.

Meski namanya biji nangka tapi kue ini tidak berbahan nangka sama sekali. Tidak ada potongan nangka atau pun olahan biji nangka. Karena bentuknya yang menyerupai biji nangka serta tekstur dalamnya yang seperti biji nangka saat direbus, hingga kue ini disebut Kue Biji Nangka.

Kue ini berbahan kentang dan kenari, itu yang membuatnya berbeda dengan kue tradisional khas Makassar yang dominan santan dan telur. Sebelum ditambahkan gula, rasa kue ini gurih. Balutan kuning telur diluarnya menambah tekstur yang membuatnya seperti berkulit. Seperti biji nangka. Proses terakhir adalah menambahkan air gula yang kental untuk menambah rasa manisnya.
Membuat kue ini memang butuh sedikit kesabaran. Semua proses perlu dilakukan sesuai tahap. Saat kentang selesai dikukus, harus segela dihaluskan agar hasilnya tidak bergerindil. Setelah itu campurkan dengan kenari yang telah dihaluskan. Sangrai keduanya hingga tidak lengket lalu dibentuk menyerupai biji nangka. Permukaan adonan kentang-kenari yang dibentuk harus halus agar kulit kuning telurnya melekat sempurna.

Mengapa kuning telurnya diaduk dengan lidi? Karena kuning telur celupan sebaiknya masih dalam keadaan kental. Lidi atau bisa menggunakan tusuk gigi berguna hanya untuk memisahkan kuning telurnya dari bulatan tanpa merubah tekstur. Jika diaduk menggunakan garpu apalagi whisk akan membuat kuning telurnya lebih cair.

Proses peresapan air gulanya juga butuh perhatian. Pastinya air gulanya betul-betul kental, bukan hanya mendidih saja. Setelah itu rebus bersama kue Biji Nangka dengan api paling kecil dengan waktu maksimal 3 menit saja. Karena jika terlalu lama, bisa membuat kuenya hancur.


Resep Kue Biji Nangka
Bahan A

– 1 kg kentang, kupas, kukus, haluskan
– 100 gr kenari
– 4 sdm gula pasir
– 2 kuning telur
– 1 sdm margarin (optional)

Bahan B :
– 5 kuning telur bebek.
Aduk menggunakan lidi.

Bahan C :
– 500 gr gula pasir
– 300 ml air
– 1/2 sdt vanili
– 1 sdm jeruk nipis
Masak hingga mengental.

Cara Membuat:
1. Campur bahan A jadi 1. Sangrai diatas teflon hingga set. Pulung adonan hingga membentuk biji nangka.
2. Setelah semua adonan selesai dipulung, celup ke bahan B.
3. Masak bahan C hingga mengental dan mendidih, kecilkan api ke api yang paling kecil, masukkan biji nangka yg sudah dicelup, biarkan selama 3 menit, angkat.